Suplemen Multivitamin Bikin Kanker..?

Posted: November 26, 2008 in Kanker paru
Tags: ,

makan-buah
Sudah kah Anda Minum Multivitamin hari ini….Itu slogan yang sering kita dengar. Banyak diantara masyarakat awam bahkan kalangan medis sendiri mempunyai pikiran bahwa dengan multivitamin tubuh akan bertambah sehat. Tetapi baru-baru ini suatu penelitian dari Christopher G. Slatore, MD, dari University of Washington in Seattle, Washington, and colleagues yang dimuat di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine memperlihatkan minum suplemen multivitamin jangka panjang tidak menurunkan resiko untuk terjadi kanker paru malah pemakaian dosis tinggi dapat meningkatkan risiko.
Sebenarnya penemuan ini bukan sesuatu yang baru lagi karena hal ini sudah banyak diperlihatkan dibanyak penelitian bahwa tidak ada efek suplemen multivitamin dalam menurunkan resiko kanker baik kanker colorectal, payudara dan paru.Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa vitamin yang didapat dari buah-buahan berhubungan dengan penurunan resiko kanker.

Timbul pertanyaan bagaimana mungkin suplemen multivitamin yang diproses dan mempunyai kandungan sama dengan buahan dapat meningkatkan resiko kanker sedangkan buahan alami tidak?.Salah satu alasannya adalah pada dosis tinggi kandungan suplemen tersebut bukan lagi sebagai antioksidan tetapi sudah menjadi prooksidan disamping pada buahan mempunyai proses biologi yang kompleks dimana buah tidak hanya mengandung vitamin tetapi ratusan phytochemical yang fungsinya sampai sekarang belum sepenuhnya diketahui.

Hal itu dibuktikan dengan penelitian VITamins And Lifestyle (VITAL) study yang melakukan penelitian terhadap orang yang minum multivitamin tiap hari selama periode 10 tahun. Setelah confounding factordisingkirkan seperti merokok, usia dan jenis kelamin terlihat tidak ada perbedaan dengan tanpa minum suplemen. Pada penelitian yang sama dilaporkan Vitamin E dosis tinggi beresiko untuk terjadi kanker paru. Pada dosis 100mg/hari mempunyai 1,05x lebih tinggi untuk kanker paru dan meningkat 1,11x jika individu tersebut merupakan perokok. Pada dosis 400mg/hari selama 10 tahun resiko meningkat 28% untuk terjadi kanker paru.

Sehingga World Cancer Research Fund dan American Cancer Society merekomendasikan makan buah makan buah alami minimal 2 buah tiap hari. Dimana buah alami bukan hanya menurunkan resiko kanker paru dan kanker lain juga penyakit lain seperti penyakit kardiovaskular.

Am J Respir Crit Care Med. 2008;177:470-471, 524-530

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s