Jenis-jenis kanker paru

Posted: August 1, 2009 in Kanker paru
Tags: ,

smoking-causes-lung-cancer
Kanker paru saat ini merupakan penyebab kematian terbanyak diantara kanker di dunia. Di Indonesia kita belum tahu angka pastinya tetapi kalau dibandingkan di Amerika Serikat angka kematian disebabkan oleh kanker paru jauh lebih banyak dibandingkan dengan kanker payudara, kanker usus dan kanker prostat bahkan jika digabungkan ketiga kanker tersebut. Penyebab kanker paru ini adalah merokok karena kandungan rokok yang mengandung 1000 bahan kimia dapat menyebabkan terjadi “genetic alteration” sehingga terjadi mutasi pada “oncogenes” dan “tumor suppresor genes” yang menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel malignant/kanker.
Disini kita sedikit membahas tentang “apa saja jenis kanker paru tersebut?. Secara garis besar dibagi 2 yaitu dikenal Non-small cell lung cancer (NSCLC) dan Small cell lung cancer. Jenis NSCLC diperkirakan sekitar 75% dari seluruh penderita kanker paru. NSCLC sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu : Adeno carcinoma, Squamous cell carcinoma dan large cell carcinoma.
Bagaimana membedakan jenis tersebut dan kegunaan pembedaan jenis kanker paru tersebut?..Pembedaan jenis kanker paru tersebut berdasarkan gambaran histopatologi jaringan kanker paru yang diperiksa oleh ahli patologi dan juga gambaran klinis atau gejalanya. Pembedaan jenis ini sangat bermanfaat untuk menentukan prognosis dan terapi yang akan diberikan.
Dari keempat jenis kanker paru tersebut yang terbanyak adalah adenocarcinoma (35-40%). Pada bukan perokok dan wanita biasanya mengenai jenis ini dan adenocarcinoma timbul pada paru bagian perifer. Sedangkan kedua adalah squamous cell carcinoma (20-30%), jenis ini biasanya terjadi pada perokok dan biasanya mengenai paru bagian sentral serta progresi kankernya cepat. Large cell carcinoma (10%) dibedakan jenisnya karena secara histopatologi berbentuk sel dengan ukuran sel yang besar. Jenis yang paling ganas adalah small cell lung cancer (SCLC) yang biasanya timbul pada perokok berat.
Walaupun secara histologi jenis NSCLC berbeda tetapi secara umum prognosis dan terapinya hampir sama sedangkan untuk SCLC mempunyai prognosis terjelek dan terapi berbeda dengan NSCLC.

Sekian. Hiroshima 2009.08.01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s