Second Primary Cancers

Posted: August 5, 2009 in Kanker paru
Tags: , , ,

Sebagaimana diketahui kanker paru merupakan penyebab kematian terbanyak diantara penyakit kanker lainnya. Penyebab terjadinya kanker sebagaimana diketahui adalah merokok.
Second primary cancers adalah suatu keadaan timbulnya kanker primer lainnya pada tubuh. Hal ini harus dibedakan antara metastasis (penjalaran kanker dari sumber utamanya) dengan second primary cancer (timbulnya kanker “original” pada lokasi yang berbeda). Kaitan second primary cancer dengan kanker paru adalah pada pasien kanker paru dapat terjadi proses second primary cancers juga. Sekali lagi harus dibedakan antara metastasis yang juga dapat terjadi pada kanker paru.
Penyebab second primary cancer disebabkan fenomena yang dikenal “field cancerization” yaitu suatu kondisi kelainan yang sama pada beberapa organ yang berbeda karena diperkirakan mempunyai paparan carcinogen yang sama. Pasien dengan upper aerodigestive tract (head, neck, esophagus dan lung) mempunyai risiko tinggi terjadinya proses second primary cancer. Hal ini diperkirakan karena terjadinya paparan penyebab carcinogenesis yang sama pada organ-organ tersebut.
Pada kanker paru, kondisi ‘second primary cancer’ dapat terjadi pada pasien yang mempunyai masa tahan hidupnya lebih lama dan biasanya tipe histologinya pada kasus seperti ini adalah squamous cell carcinoma.
Tetapi untuk memastikan agen penyebab pasti dari kondisi ini belum dapat dilakukan karena kesulitan dalam penelitiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s