PPOK eksaserbasi akut

Posted: October 23, 2009 in PPOK
Tags: ,

PPOK eksaserbasi akut atau dikenal juga dalam bahasa Inggris sebagai Acute Exacerbations of Chronic Obstructive Pulmonary Disease (AECOPD). Istilah ini didefinisikan sebagai peningkatan keluhan/gejala pada penderita PPOK berupa (saya mengenalkan sebagai 3P yaitu 1. Peningkatan batuk/memburuknya batuk 2. Peningkatan produksi dahak/phlegm 3. Peningkatan sesak napas.

Berdasarkan data di USA diketahui bahwa penyakit ini merupakan penyebab terbanyak pasien rawatan. Pasien PPOK yang dirawat menunjukan ketidakberhasilan perawatan si pasien, baik karena tidak adekuatnya terapi atau bisa dari pasien sendiri karena masih merokok dsb. PPOK eksaserbasi akut dalam menimbulkan kondisi hypoxemia (turun O2 dalam darah) dan Hypercapnia (meningkatnya kadar CO2 dalam darah), perubahan status mental, meningkatnya sesak napas yang merupakan sekaligus sebagai indikasi untuk dirawat.

Dalam penatalaksanaannya, bagi hipoksemia ringan dapat diberikan suplemen oksigen untuk mempertahankan PO2 60 mmHg, tetapi untuk severe hipoksemia dalam dilakukan Non invasive positive-pressure ventilation (NIPPV) atau Invasive ventilatory support. Tetapi lebih dianjurkan non invasive ventilatory support jika masuk dalam kriteria karena lebih kecil efek sampingnya. Secara farmakologi, PPOK dapat diberikan bronkodilator, antibiotik dan steroids. Antibiotik dianjurkan pada pasien dengan perubahan warna sputum, meningkatnya produksi dahak,meningkatnya sesak napas. Adapun antibiotik yang dianjurkan sangat tergantung pada etiologi, pola sensitivity dan resistensi, riwayat penyakit dsb. Sedangkan steroid dianjurkan distop setelah pemberian 14 hari karena tidak memperlihatkan keuntungan, malah banyak efek sampingnya. Bronkodilator merupakan komponen utama dalam terapi PPOK. Biasanya kombinasi short beta agonis dan antikolinergik paling kerap dipakai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s