Chromosome dan Kanker Paru

Posted: October 28, 2009 in Kanker paru
Tags: , , ,

Penyakit dan biologi molekular saat ini sedang menjadi primadona bagi kebanyakan scientis, reseacher bahkan klinisi. Berhubungan dengan itu saya sedikit mencoba membahas kaitan antara kanker paru dan chromosome (kromosom). Secara definisi kromosom adalah suatu unit pada genome (kumpulan informasi genetik pada suatu organisme), yang pastinya membawa banyak informasi genetik. Sebagai pemahaman, tubuh kita dalam menjalankan fungsinya mempunyai cetak biru/manual yang tersimpan dalam DNA, dimana DNA ini terdapat dalam kromosom. Kromosom manusia terdiri dari 46 buah (22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom sex).chromosomes-and-dna-picture

Kanker  paru sebagai penyakit kanker paling mematikan saat ini, secara patogenesis sangat berhubungan dengan gangguan pada kromosom ini. Seperti diketahui suatu sel normal untuk dapat menjadi sel kanker memerlukan banyak gangguan pada genetik dan epigenetik. Salah satu yang terpenting adalah inaktivasi tumor suppresor genes (gene baik) dan aktivasi oncogene (gene jahat). Sengaja saya memisalkan sebagai gene baik dan jahat untuk memudahkan saja. Dari beberapa studi diketahui gangguan pada kromosom sangat berdampak pada terjadinya kanker paru. Kehilangan  kromosom 3p (yang diperkirakan mempunyai banyak tumor suppresor genes) merupakan kromosom yang berkaitan erat dengan kanker paru, disamping kromosom lain seperti 4q,5q, 8p, 10q, 13q, dan 17p. Disisi lain penambahan kromosom (berarti mengandung oncogene) juga ikut berperan dalam patobiologi kanker paru seperti kromosom 1p, 3q, 5p,8q.

Gangguan kromosom ini saat ini menjadi bahan penelitian yang menarik bagi kebanyakan reseacher untuk mengetahui proses terjadi kanker paru.

sekian.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s