Demam pada pasien kanker paru

Posted: January 17, 2010 in Kanker paru
Tags: , ,

Demam atau fever didefinisikan secara operasional  sebagai suatu kondisi peningkatan suhu tubuh ≥ 38°C. Pada banyak penyakit, demam merupakan salah satu gejala yang paling umum terjadi. Begitu juga dengan kanker terutama kanker paru. Tetapi apa yang membedakan demam pada penyakit umumnya disebabkan infeksi dengan demam pada penderita kanker paru?

Pada pasien kanker, disamping demam terutama disebabkan karena proses infeksi maka dapat juga disebabkan oleh proses dari kanker (underlying malignancy), transfusi darah serta pyrogenic medication. Sehingga pertimbagan penyebab terjadi demam pada pasien kanker harus berhati-hati. Salah satu kondisi yang sangat berbahaya pada pasien ini adalah fever neutropenia (demam neutropenia). Neutropenia didefinisikan sebagai penurunan komponen neutrophil dalam darah pasien dimana jumlahnya < 500ml (Absolute neutrphil count). Neutropenia pada kasus kanker merupakan dalam menimbulkan sepsis yang jika tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu pada pasien kanker dengan demam, ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui sumber infeksi (infeksi umumnya penyebab demam pada kanker tetapi tetap pertimbangkan penyebab lain) seperti :

1.Chest X-Ray (Rontgen dada)

2. Urinalisis dan culture urine

3. culture sputum

4. culture darah

5. pemeriksaan fisis yang cermat (penting!!)

Disamping itu pasien dengan demam neutropenia kita dapat memberikan terapi antibiotik initial yang diobservasi keefektifannya setelah 48 jam dan jika semakin memburuk perlu evaluasi pemberian antibiotik lini ke-2.

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s