Pemeriksaan pre-operasi pada kanker paru?

Posted: January 26, 2010 in Kanker paru, PRAKTEK, Tindakan Paru (Pulmonology Interventional)
Tags: ,

Banyak kalangan terutama masyarakat awam mengetahui bahwa kanker paru 80% disebabkan oleh kebiasaan merokok dan sangat tergantung dengan jumlah rokok, usia mulai merokok, kadar nikotin dsb. Tetapi kali ini kita tidak membahas tentang hal tersebut. Pada tulisan ini kita sedikit membahas apa yang seharusnya dilakukan oelh dokter dan harus diketahui oleh pasien sebelum diputuskan untuk dilakukan operasi pada kasus kanker paru.

Kanker paru saat ini merupakan penyebab kematian tertinggi diantara keseluruhan kanker. Hal ini disebabkan oleh penemuan dini kanker paru masih sulit dilakukan sehingga biasanya pasien datang saat ini kondisinya pada stadium lanjut. Pembedahan pada kanker paru dilakukan pada stadium awal. Pembedahan kanker bertujuan untuk membuang jaringan yang abnormal (sel kanker) sehingga diharapkan tidak meluas (metastasis). Untuk itu ada beberapa hal yang harus diketahui pasien..tindakan apasaja yang akan dilakukan dokter sebelum diputuskan pembedahan.

  1. Pembuktian jenis histologi. Sebagai diketahui jenis histologi kanker paru dapat dibagi atas Adenocarcinoma, Squamous cell carcinoma, Large cell carcinoma dan Small cell carcinoma. Tetapi untuk memudahkan dalam manajemennya maka dibagi atas 2 group yaitu Non-small cell lung cancer dan Small cell lung cancer. Pembuktian histologi ini penting untuk mengetahui karakteristik kanker paru yang diderita serta prognosisnya setelah operasi. Sebagai contoh jenis squamous cell carcinoma pertumbuhannya lebih lambat begitu juga dengan metastasi dibanding jenis adenocarcinoma. Tetapi secara umum small cell lung cancer jarang dilakukan pembedahan karena pertumbuhannya cepat serta biasanya ditemukan sudah pada stadium lanjut. Beberapa hal yang dilakukan untuk menentukan jenis kanker paru yaitu :Sputum histologi, Bronchoscopy dan dilakukan biopsi dan/ bronchial washing, bronchial brushing.
  2. Stadium kanker paru. Penentuan stadium kanker paru harus sudah dibuktikan oleh dokter sebelum memutuskan dilakukan pembedahan pada kanker paru. Kecuali pada kasus pembedahan untuk diagnosis. Stadium kanker paru terbagi atas Stadium I-IV. Dan pembedahan dilakukan jika pasien ada stadium I-II dan pertimbangan khusus pada stadium IIIA. Beberapa hal yang dilakukan untuk penentuan stadium ini diantaranya: Bronchoscopy,CT-scan dada dan perut, Mediastinoscopy,Thorascopy, Pleural aspiration-biopsy dsb.
  3. Perfomance pra bedah. Maksudnya disini adalah kondisi pasien sebelum pembedahan apakah memenuhi syarat untuk dilakukan operasi, sekaligus untuk mengetahui penyulit paska pembedahan. Biasanya dokter akan memeriksa kondisi organ-organ penting seperti jantung, paru, ginjal, hati dsb, termasuk pemeriksaan darah (hematologi dan biokimia).

Setelah dilakukan ketiga aspek diatas maka baru dapat ditentukan apakah pembedahan pada pasien kanker paru akan dilakukan atau tidak. Pembedahan pada kanker paru, tentunya dengan syarat yang sudah ditentukan, dapat memperpanjang usia penderita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s