Tiga tumor rongga dada

Posted: January 29, 2010 in Kanker paru, Penyakit paru
Tags: , , , ,

Dada atau diistilahkan dengan thoraks, berisikan organ-organ sangat penting. Jantung, paru merupakan organ penting bagi kehidupan.

Dirongga thorak ini ada 3 tumor yang sering terjadi yaitu :

  1. Kanker paru. Tentunya banyak yang sudah mengetahui kanker paru adalah penyakit kanker yang yang berasal dari sel epithelial bronkial. Banyak faktor untuk timbulnya kanker ini, tetapi merokok merupakan penyebab utamanya. Dalam terapinya bersifat multimodaliti (operasi, kemoterapi dan radioterapi).
  2. Malignant pleura mesotelioma. Tumor jenis ini berasal dari serosa line pada rongga dada dan perut. Umumnya terjadi pada pria. Disebabkan terutama karena paparan asbes. Kombinasi terapi terbukti memperbaiki lama ketahanan hidup pasien mesotelioma jika dibanding hanya pengobatan secara single modaliti.
  3. Tymoma. Ini merupakan tumor yang berasal dari tymus yang terdapat di mediastinum (ruang antara jantung dan paru). Tumor dapat timbul di segala umur tetapi sering terjadi pada usia 40-60 tahun. Pengobatan tymoma yang paling utama adalah operasi (reseksi total) yang dapat dikombinasikan dengan adjuvant kemoterapi.

Comments
  1. Yayan A.I says:

    Artikel yang menarik….
    terima kasih atas infonya, dok…

  2. Andika Chandra Putra says:

    Terimakasih pak..

  3. Anto says:

    pak. saya mempunyai sedikit benjolan di antara tulang dada bawah dan perut tepatnya di tulang dada paling bawah.. rasanya keras dan terasa sakit bila dipijat. tidak tahu juga jika rasa sakitnya itu karena terlalu banyak dipijat oleh saya. tapi meski saya bawa tidur semalaman masih saja jika ditekan terasa sakit. Apakah itu termasuk tumor?? saya merasa sangat takut jika itu terjadi.

  4. Andika Chandra Putra says:

    Secara definisi tumor adalah pertumbuhan abnormal dari suatu jaringan. Tumor tidak identik dengan kanker, karena tumor itu sendiri bisa merupakan pre-malignant (pra kanker), malignan (kanker) atau hanya benign (jinak). Untuk memastikan jenis tumor tersebut ada baiknya anda nanti memeriksakan diri ke dokter bedah. Awalnya mungkin dilakukan CT-scan untuk memastikan jaringan apa yang terlibat kemudian dapat dilakukan biopsi untuk mengetahui jenis tumor tersebut. Selanjutnya akan dnilai apakah diperlukan untuk operasi.
    Sekian..begitu saja yang bisa saya sampaikan..semoga bermanfaat.

  5. denisha_giska@yahoo.co.id says:

    pak di dada saya ada benjolan dan ada lubang kecil seperti habis ditusuk dengan peniti,dulu waktu saya berusia 3-8 tahun sering gatal-gatal dan mengeluarkan pus.setelah diperiksakan ke dokter saya beri obat saleb.setelah saya berusia 10 tahun keluhan diatas sudah tidak terjadi lagi.tapi sekarang sudtidak benjol lagi,hanya masih ada lubang kecil itu terdapat rambut yang tumbuh.
    apa itu termasuk tumor?
    terimaksih . .

  6. andikacp_blog says:

    Menurut saya itu bukan tumor..Bisa jadi suatu kista atau bisa juga bekas suatu abses karena mengandung nanah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s