Asma saya memburuk selama kehamilan?obat asma aman saat hamil?

Posted: July 3, 2011 in Asma, DOKTER
Tags: , , ,

Berdasarkan data yang disampaikan oleh American Academy of allergy asthma & immunology diketahui bahwa sekitar 34.1 juta warga Amerika terdiagnosis asma oleh dokter dan terdapat sekitar 300 juta penderita asma di seluruh dunia dengan angka kematian 250.000 setiap tahunnya. Prevalensi penyakit yang cukup tinggi dan penderita asma pada perempuan lebih tinggi 23% dibanding laki-laki menjadikan berbagai pertanyaan seputar penanganan asma pada ibu hamil merupakan hal yang sering ditanyakan pada dokter paru.

Apakah asma  akan memburuk selama kehamilan?

Sebenarnya tidak ada evidence yang sangat significan yang memperlihatkan bahwa kehamilan akan memperburuk kondisi ibu. Suatu penelitian memperlihatkan bahwa 1/3 penderita asma saat hamil akan mempunyai keluhan sesak napas yang lebih sering, walaupun 1/3 penderita asma saat hamil akan stabil (sama kondisi dibanding tidak hamil) dan 1/3 penderita lain malah menyatakan keluhannya berkurang saat hamil (perbaikan). Jadi memang 1 dari 3 ibu hamil dengan asma akan mempunyai keluhan sesak napas yang memburuk yang nantinya berkurang keluhannya secara gradual saat setelah melahirkan.

Apakah yang harus saya lakukan untuk mencegah memburuk asma selama kehamilan?

Sama dengan ibu hamil yang akan memeriksakan kandungan ke dokter ahli kandungan, maka selama kehamilan penderita asma dianjurkan untuk memeriksakan diri secara berkala ke dokter paru. Adapun tujuan penanganan asma yang diharapkan selama kehamilan ini adalah :

  1. Terhindari pencetus asma baik karena alergi atau non-alergi
  2. Tidak ada keluhan asma, serta tidak ada batasan (restricted) aktifitas karena asma
  3. Tidak tergangunya tidur karena keluhan asma
  4. Pemeriksaan fungsi paru teratur dengan hasil yang memuaskan (optimized)
  5. Pemakaian obat asma sesuai kebutuhan
  6. Hindari rokok (baik untuk perokok aktif atau perokok pasif)
  7. Vaksinasi influenza pada ibu hamil

Apa yang harus dilakukan agar anak saya tidak menderita asma?

Sebuah keinginan yang manusiawi agar anak yang akan dilahirkan untuk sehat dan tidak menderita asma seperti ibunya yang menderita asma. Tetapi bukan berarti ibu asma maka si anak juga pasti menderita asma, tetapi memang anaknya mempunyai resiko tinggi menderita asma dibanding anak dari ibu yang tidak menderita asma. Karena asma juga berhubungan dengan inherited disease maka tidak ada penanganan spesifik yang dilakukan untuk mencegah anak menderita asma. Yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko adalah :

  1. Kontrol asma yang baik sehingga fungsi paru baik dari ibu akan memberikan jaminan oksigen yang cukup buat janin. Karena suatu penelitian telah memperlihatkan hubungan linear antara fungsi paru ibu hamil dengan kondisi janin saat lahir.
  2. Hindari rokok, alkohol dan juga makanan yang menimbulkan alergi
  3. Dan terpenting  memberikan bayi dengan ASI yang cukup minimal 3 bulan pertama untuk memastikan stimulasi pertumbuhan dan sistem pertahanan tubuh anak kita.

Apakah pengobatan asma selama hamil dan menyusui akan memberikan efek pada janin?

Regulator obat dan makanan Amerika serikat (FDA=Food Drug administration) membagi obat atas kategori A, B, C, D dan X. Mulai dari kategori A yang berarti tidak ada efek samping  yang ditemukan alias aman sampai kategori X yang menimbulkan efek samping (malformasi) pada janin. Saat ini diantara obat-obatan asma tidak ada yang masuk kategori A. Umumnya berada pada kategori B dan C. Tetapi itu bukan berarti obat-obatan asma pada ibu hamil akan memberikan efek samping. Kenapa kebanyakan obat-obatan asma masuk kategori B dan C karena FDA mensyaratkan untuk pemeriksaan sample yang cukup pada ibu hamil. Dari observasi jangka panjang diketahui bahwa obat-obatan asma tidak mempunyai efek samping significan pada janin dan itu sudah menjadi konsensu dokter paru seluruh dunia. Kondisi kehamilan dengan “uncontrolled asthma and poorly controlled asthma” lebih berbahaya dibanding efek samping obat yang banyak ditakutkan ibu hamil. Maka kontrol asma anda !!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s