Serangan asma malam hari (nocturnal asthma)..

Posted: July 5, 2011 in Asma, INFO
Tags: , , , , ,

Salah satu keluhan tersering penderita asma adalah timbulnya sesak waktu malam hari atau terbangun di malam hari karena sesak napas. Bahkan pada guideline yang telah di perbaharui oleh GINA (Global initiative for asthma) tahun 2010, keluhan sesak napas waktu malam hari ini menjadi salah satu kriteria untuk mengetahui terkontrol atau tidaknya seorang pasien. Walaupun  begitu tetap menjadi sebuah kontroversi dan perdebatan apakah kondisi yang disebut dengan nocturnal asthma ini menjadi salah satu tipe dari asma yang harus dipisahkan atau hanya merupakan penanda tidak terkontrolnya asma. Hal ini disebabkan karena nocturnal asthma juga berhubungan dengan GERD (Gastroesophageal reflux disease) dan OSA (obstructive sleep apnea).

Saat tidur, GERD dapat menimbulkan sesak napas malam hari (nocturnal asthma). Tetapi pemberian obat-obatan untuk mengobati GERD seperti proton pump inhibitor (PPI) tidak serta merta memperbaiki fungsi paru atau kondisi asmanya. Walaupun begitu berdasarkan guideline terkini pemeriksaan GERD pada penderita asma termasuk pemeriksaan yang direkomendasikan untuk tujuan memperbaiki kualitas hidup penderita asma dan juga untuk mengurangi frekuensi eksaserbasi (serangan sesak napas).

Begitu juga dengan kondisi OSA, juga dapat menimbulkan nocturnal asthma. Diduga neuromechanical bronchoconstriction, gastroesophageal reflux dan inflamasi dapat memperburuk pengontrolan asma pada pasien yang juga menderita OSA. Tetapi mekanisme pasti tentang asma dan Obstructive sleep apnea (OSA) sejauh ini belum diketahui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s