Asma terjadi hanya waktu kanak-kanak saja?

Posted: July 6, 2011 in Asma, DOKTER, INFO, Udara kita..
Tags: , , ,

Sering kali tenaga kesehatan bahkan dokter melakukan kesalahan dengan mengatakan bahwa penyakit asma pada anak-anak akan sembuh setelah beranjak dewasa. Sebenarnya pernyataan tersebut absolutely wrong. Asma merupakan penyakit yang dapat terjadi di semua usia dan tidak akan pernah sembuh. Kata sembuh harus diperjelas karena sering kali dalam pemahaman masyarakit kita dianggap sebagai keadaan yang tidak akan pernah muncul (kambuh) lagi dikemudian hari. Sehingga pernyataan sembuh tersebut harus dikoreksi dengan remisi atau terkontrol.

Pernyataan sembuh yang banyak disampaikan tenaga kesehatan tersebut dapat dimaklumi. Hal ini memang didasari atas data epidemiologi yang memperlihatkan bahwa 85% anak-anak yang pernah mengalami episode sesak diwaktu kecil (<4 tahun) maka saat beranjak remaja (adolescent) tidak mengalami serangan asma lagi dan hanya sekitar 30-40% akan muncul lagi saat dewasa. Sehingga penurunan probability (kemungkinan) untuk muncul serangan asma saat dewasa seringkali dianggap sebagai penyakit yang hanya terjadi pada anak-anak dan sembuh saat dewasa.

Serangan sesak napas (mengi) saat masih anak memang merupakan prediktor dalam diagnosis asma. Lalu bagaimana kita dapat memprediksi asma pada anak tersebut tidak kambuh lagi saat mereka beranjak dewasa. Walaupun hal ini sesuatu yang masih diperdebatkan tetapi kemungkinan seorang anak tetap kambuh asmanya saat dewasa (persistent) jika seorang anak mengalami mengi saat usia < 1 bulan, tidak menyusui dengan ibunya (ASI), merokok, anak perempuan, lingkungan udara yang jelek serta terpenting riwayat asma waktu kanak tersebut lebih disebabkan faktor alergi (hipersensitif) dibanding anak-anak yang timbulnya asma karena pencetusnya infeksi saluran napas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s