Masa penting perkembangan organ paru

Posted: July 7, 2011 in Fisologi pernapasan, INFO, Udara kita..
Tags: , , , , ,

Kita mengetahui semua bahwa organ paru manusia merupakan komponen tubuh yang maha penting. Kehidupan seorang anak manusia dimulai dari hirupan napas pertamanya sesaat setelah melahirkan dan akan berakhir dengan berhentinya kerja paru dalam proses respirasi. Respirasi adalah seluruh proses pengambilan oksigen (O2) dan dibuangnya karbondioksida (CO2) sebagai hasil metabolisme tubuh. Udara yang kita hirup melalui hidung akan diteruskan ke larinx, selanjutnya masuk ke pipa tenggorokan yang disebut trakea. Didaerah sekitar dada, pipa trakea tersebut akan bercabang dua menjadi bronkus utama kanan dan kiri. Tempat percabangannya tersebut dikenal juga dengan karina. Selanjutnya bronkus utama ini akan bercabang, dan berakhir pada cabang yang sangat kecil yang disebut bronkiolus. Pada tiap-tiap bronkiolus terdapat kantong-kantong udara yang disebut juga dengan alveolus. Diperkirakan pada paru manusia mempunyai lebih dari 300 juta alveoli. Mengapa alveoli ini begitu banyak? Pada dasarnya esensi proses respirasi ada pada fungsi alveoli ini. Di alveoli-lah tubuh kita mendapatkan suplai udara segar (Oksigen) dan membuang hasil pembakaran berupa karbondioksida. Komplek alveoli dan kapiler (cabang pembuluh terkecil) berperanan penting dalam proses pertukaran gas O2-CO2 tersebut (gas exchange).

Dalam pembentukannya, alveoli sudah ada pada masa fetal (janin) yaitu sekitar 28-32 minggu usia janin. Tetapi pada masa janin ini jumlahnya baru sekitar 15% dari keseluruhan alveoli rata-rata pada manusia dewasa. Sesaat setelah dilahirkan maka bayi ini akan memperbanyak jumlah alveolinya seiring dengan kebutuhan Oksigen yang dibutuhkan untuk tetap survive. Masa usia sampai 3 tahun merupakan masa keemasan dalam pertumbuhan alveoli ini karena hampir sekitar 60-80% alveoli dibentuk pada masa ini.  Sehingga gangguan, infeksi pada masa ini dapat menyebabkan rusaknya alveoli dan dapat mengurangi fungsi alveoli saat dewasa kelak. Begitu juga udara yang dihirup yang dapat merusak seperti asap rokok, polusi udara , otomatis dapat merusak fungsi parunya.

Selanjutnya masa penting dalam pertumbuhan alveoli ini adalah saat remaja. Saat ini meruapak proses akhir maturasi alveoli tetapi seringkali pada masa inilah organ parunya dirusak. Masa remaja yang rentan akan godaan rokok baik dari lingkungan secara tidak sadar merusak alveoli dan menjadi awal dari malapetaka penyakit paru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s