Klasifikasi kemoterapi

Posted: August 4, 2011 in Kanker paru, Kemoterapi
Tags: ,

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa kemoterapi merupakan obat anti kanker yang tentunya diberikan pada penderita kanker. Dalam pemberian kemoterapi ini maka kemoterapi dapat dibedakan atas beberapa klasifikasi berdasarkan waktu pemberiannya yaitu :

  • Induction chemotherapy : yaitu pemberian kemoterapi sebagai inisial/awal dalam sebuah pengobatan kanker. Tujuan kemoterapi ini tentu saja mengharapkan reduksi bahkan terbebasnya pasien dari sel kanker minimal 1 bulan (Complete response), atau reduksi 50% dari volume kanker (Partial response), berkurangnya volume kanker kurang dari 50%, tanpa pertumbuhan sel kanker baru (stable response) dan tidak mengharapkan proggression response yaitu penambahan volume kanker 25% atau lebih atau terdapatnya lokasi baru kanker.
  • Consolidation/Intensification chemotherapy: pemberian kemoterapi setelah kankernya mengalami remisi. Bertujuan untuk memperpanjang masa remisi dan memperlama survival time. Biasanya diberikan obat kemoterapi yang sama dengan sebelumnya saat remisi terjadi.
  • Adjuvant chemotherapy: Kemoterapi diberikan sebagai lanjutan dari terapi lainnya seperti setelah pembedahan atau radioterapi. Bertujuan untuk mencegah rekurensi dan mengobati sel-sel kanker yang tidak dapat diterapi dengan metode lain.
  • Neoadjuvant chemotherapy: Pemberian obat kemoterapi dilakukan saat sebelum pembedahan atau radioterapi. Bertujuan untuk mengurangi volume paru sehingga memudahkan untuk pembedahan.
  • Maitenance chemotherapy:Kemoterapi diberikan dalam dosis kecil yang bertujuan untuk memperpanjang masa free cancer dan masa sembuh.
  • Salvage chemotherapy: Kemoterapi sebagai penyelamat dikarenakan kegagalan metode pengobatan lain.
  • Combination chemotherapy: Pemberian obat kemoterapi bukan sebagai single agent tetapi kombinasi beberapa obat kanker untuk menggabungkan mekanisme “pembunuhan sel kanker”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s