Jika Vena kava superior tersumbat, Bengkaklah leher, wajah

Posted: August 9, 2011 in DIAGNOSIS, Dokter paru, Kanker paru, Penyakit paru
Tags: , , , ,

Pada tubuh kita terdapat  dua tipe pembuluh darah. Arteri yang merupakan pembuluh darah yang membawa oksigen yang dipompakan langsung dari jantung, sedangkan vena merupakan pembuluh darah yang membawa hasil metabolisme tubuh yang akan menuju ke jantung. Secara anatomi terdapat dua Vena yang besar yaitu Vena Kava Superior dan Vena Kava Inferior. Kedua vena tersebut merupakan muara besar dari aliran-aliran vena tubuh dimana Vena kava inferior berasal dari area bawah tubuh dan Vena kava superior berasal dari bagian atas tubuh seperti kepala, tungkai atas dsb.

Seperti halnya selokan yang dapat tersumbat maka vena kava superior yang diibaratkan sebagai selokan besar yang pada suatu kondisi tertentu dapat juga tersumbat. Sumbatan tersebut dapat berasal dari kotoron didalam vena tersebut yang sering disebut sebagai internal obstruction. Internal obstruction ini umumnya disebabkan oleh thrombus yaitu gumpalan darah yang timbul akibat kelainan proses pembekuan darah. Tetapi penyebab sumbatan yang paling sering adalah sumbatan yang berasal dari luar vena itu sendiri yang dikenal sebagai external compression. Penyebab external compression yang paling sering adalah tumor yang berada disekitar pembuluh vena kava superior tersebut yaitu sekitar dada (paratrakeal region). Diantaranya yaitu kanker paru (penyebab utama), lymphoma (tumor kelenjar limfe mediastinal). Penyebab lain dapat disebabkan oleh trauma bahkan aneurisma thoracic aorta (dilatasi pembuluh aorta).

Penyakit sumbatan vena kava superior disebut juga sebagai Superior Vena Cava Obstruction (SVCO). Ini merupakan salah satu keadaan emergency yang harus ditanggulangi segera. Pasien SVCO ini biasanya mempunyai gejala berupa edema pada leher, wajah, lengan terutama dipagi hari. Sering juga akan merasakan sakit kepala dan gangguan penglihatan. Pada tubuh pasien sering akan terlihat pembuluh vena kolateral sebagai usaha tubuh untuk mengkompensasikan sumbatan vena kava superior tersebut. Dalam diagnosis biasanya tidak begitu sulit terutama jika pada hasil rontgen sudah terlihat massa disekitar paratrakeal kanan atau limfe mediastinal.

Tetapi kebanyakan klinisi agak kesulitan dalam menentukan terapi. Pertimbangan untuk pengambilan sampel demi kepastian tipe tumor yang nanti berhubungan dengan tatalakasana selanjutnya, dengan terapi cepat untuk meredakan keluhan pasien merupakan dua hal yang harus disinkronkan. Biasanya radioterapi merupakan pilihan pertama pada tipe tumor tertentu disamping kemoterapi ditambah radioterapi juga dapat dipertimbangkan pada kanker paru jenis small cell.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s